Internship Experience

Time flies when you’re having fun.

That is definitely so true! Ngga kerasa 2 bulan kegiatan magangku udah selesai kemarin… huhu jadi sedih 😦 but I am happy! Happy and grateful that I had the chance to experience this internship. And nowww I’m gonna tell you all about it.

Note : it’s gonna be a very long post.


Jadiii, program magang ini merupakan lanjutan dari Career Preparation Workshop yang diadakan di kampus. Bukan wajib, cuma untuk yg berminat. Kampus bekerja sama dengan alumni untuk ‘menyalurkan’ mahasiswanya. Jadi waktu itu alumni ngasih contact beberapa perusahaan yg menerima anak magang, lalu kita tinggal apply. Awalnya aku tertarik untuk magang di Sinarmas, udah buat CV & surat yg sengaja ditujukan ke sinarmas. Ternyata, kuotanya cuma 2 orang dan yg daftar lebih dari 5. Kita dikasih kesempatan untuk musyawarah nentuin 2 orang yg bakal daftar ke sinarmas, sisanya cari perusahaan lain. Setelah diskusi, ga ada yg mau ngalah. Akhirnya mau diadain seleksi lewat LGD (Leaderless Group Discussion).

Sebelum seleksi, ada tawaran baru untuk magang di SCTV, akhirnya aku dan satu orang lain memutuskan untuk apply magang di SCTV. Setelah ngobrol sama orangnya, ternyata cuma ada satu slot di HRD SCTV, ada lagi di HRD Indosiar yg kantornya di Daan Mogot. Atau kalau mau banget di SCTV, bisa ditempatin di divisi creative. Karena maunya HRD & ngga mau jauh2 (hehe) akhirnya dapet slot di HRD KMK (Liputan6.com, sister company-nya SCTV). Aku & temen di interview terus mereka yg nentuin siapa yg di SCTV siapa yg di KMK. Aku kebagian di KMK.

Awalnya sempet ada mixed feeling gituuu, I mean… SCTV kan perusahaan yg jauh lebih gede & udah lebih… established. Sementara KMK ini relatif masih baru, di HRD-nya sendiri belum ada pembagian sub departemen, jadi HR Generalist. But, it turned out to be the best decision for me! Sangat sangat bersyukur bisa jadi bagian dari KMK, orang-orangnya jauh lebih ‘muda’ daripada di SCTV dan lingkungannya lebih rame. Selain itu karena kerjanya HR Generalist, pekerjaannya juga lebih variatif, mulai dari pekerjaan rekrutmen, compensation & benefit, sampai administrasi.

HRD KMK ada 4 orang, Mba Irma, Mba Aini, Mba Desi, dan Mba Feli. Disana aku disupervisi sama Mba Feli yang jabatannya Sr. Recruitment.

Jpeg

Lobby KMK

Blog (6)

Ruang HRD

Pengalaman

Tujuan aku untuk cari pengalaman benar-benar tercapai bgt. Disini aku jadi tahu dunia kerja yg sebenarnya. Apa aja sih yg dikerjain di kantor, gimana interaksi karyawan, kehidupan sosial karyawan, kerjaan HRD di kantor, dll. Selama magang, pengalaman yg paling bermanfaat buat aku adalah pengalaman seleksi CV. Jadi di hari kedua aku magang, Mba Feli ngasih tugas untuk screening CV job fair (diajarin & dikasih contoh dulu). CV-nya banyaaaaaak bgt! Dua kardus lebih. Capek sih, tapi itu bener-bener ngasah ‘feeling’ aku untuk milih CV yg bagus. Awalnya ngga tega buat ngebuang2 CV orang, tapi lama2 jadi biasa wkwkwk 😦 Sekarang aku udah lumayan bisa ngebedain mana CV yg berkualitas mana yg engga, mana CV yg disukai user A, mana yg disukai user B, dll. Di rekrutmen, aku juga dituntut untuk berhubungan sm user. Aku juga dapat pengalaman menghubungi kandidat via telepon. Dari awalnya masih dicatet apa aja yg harus diomongin, sampai sekarang udah lancar bgt kalo harus nelfon orang. Kalau kandidatnya nanya juga udah bisa jawab dengan tenang, ga bingung atau nanya2 mulu sama Mba Feli kaya dulu.

Selain rekrutmen, aku juga dapet berbagai tugas terkait compensation & benefit dan administrasi. Mulai dari input data BPJS, ngepak2in kartu asuransi, nyiapin kontrak & SK karyawan, sampai keliling2 kantor buat bagiin kartu asuransi, BPJS, dan surat2 lainnya. PR banget sih, keliling2 tuh capek, belum lagi kalo orangnya ga ada di tempat. Kaya sales atau reporter, kerjanya kalo ga liputan di lapangan yaa meeting. Tapi serunyaaa, jadi kenal banyak orang. Disini bener2 dituntut untuk berani, pd, dan komunikasi sama orang lain. Dari bagi2in kartu ini aku jd kenal orang2 dari divisi lain, termasuk yg ruangannya beda lantai sama HRD. Dari kenal & ngobrol sama orang2 itu aku dapet banyaaak bgt pengetahuan baru, mulai dr informasi2 seputar dunia kerja sampai pengalaman pribadi orang-orangnya.

Emang sih masih ada cukup banyak tujuan dan harapan aku yg belum tercapai, tapi apa yg aku dapat sekarang ini udah lebih dari cukup. Plussss ditawarin kerja beneran hahaha jadi pengen cepet beresin skripsi…

New Friends

Seperti yg aku ceritakan di atas, disini aku dapet banyaaaak banget kenalan baru. Anak2 IT Support Mas Sauqi, Muis, Regent, Yoga, Anjay, Kamil, Rian, Arif, Rezeqi, dll yg seriiing bgt aku mintain tolong ini itu. Mulai dari mesin fotocopy macet, telepon hrd mati, ngangkat2 meja, CV orang ga bisa dibuka, minta tolong install software, udah diinstalin terus ga suka minta installin software yg lain lagi, banyaaaak bgt bantuannya. Ngga cuma bantuin, tapi juga udah jadi temen baru buat aku, selalu ramah, ga sakit hati kalo diledek malah lebih jago ngeledek balik, selalu bisa bikin ketawa. Anak2 product Mas Diki, Dadang, Daru, TB, Mas Angri, Mas Rio, Mba Tisha, Mba Cintana, yg selalu welcome dan ramah, ngajak bercanda ini itu setiap aku dateng ke product.

Anak2 multimedia, Mas Dio, Roky, Hafiz, Dani Kipli, Mas Johan, Nanda yg sering bantuin aku nyari2 anak multimedia yg banyaaak & selalu di lapangan. Mba2 admin & sekretaris, Mba Nana & Mba Syuli sekred, Mba Bunga & Mba Mentari sales marketing, Mba Dini & Mba Santi IT, Mba Novi marcomm, & Mba Intan sekdir yg udah banyaaaak banget bantuin aku, mau nganter aku keliling2 nyari orang, mau dititip2in dokumen seabrek, minta tandatangan, walaupun aku sering rese nelfon2 nanyain jadwal bos2nya tapi tetep bantuin. Semua staff GA, Mas Ajis, Mba Mira, Mas Tyo, Mas Wahyu yg sering berinteraksi sama aku, minta tolong macem2, nyuruh2 akuuu wkwkwk Mas Dhika digital marketing, Mas Radhit socmed, Mba Shinta & Mas Muthi news, Mas Adit & Mba Adinda showbiz, Mas Karmin comdev, Mba Bella health, Mba Lina finance, orang2 yg selalu bantuin aku setiap aku ada urusan di divisi mereka. Teruuus bapak2 satpam, OB dan cleaning service, Mba Tika resepsionis yg sering aku mintain tolong macem2, selalu bukain pintu karena aku ga punya access card, ngambil2in barang, ngobrol2 sambil bercanda macem2, pokoknya banyak bgt jasanya selama ini.

But, most and the best of all, the HR angels! :):):) Mba Irma, yg udah kasih aku kesempatan magang disini, banyak ngasih saran & masukan, jokes2nya, sayaaang bgt sama Mba Irma! Mba Desi yg selalu bikin ngakak, Mba Aini temen ngobrol makeup, temen makan & jajan, temen cerita2 kehidupan kuliah. Mba Feliiii my supervisor, temen makan di B2, yg udah ngajarin aku macem2 segala hal tentang rekrutmen, sharing2 pengalaman pribadi, banyak ngasih masukan untuk aku. Pokoknya sayang deh sama mba2ku ini, bakal kangen banget kerja bareng mereka. Jadi pengen kebut skripsi terus apply disana hahaha 😉

Discovering Myself

Setiap orang punya cara kerja yg berbeda. Disini, aku jadi lebih kenal cara kerjaku sendiri. Ternyata, aku suka pekerjaan yg menantang, yg berhubungan dengan hal baru, yg harus bergerak, dan berhubungan sama orang lain. That’s why I love doing recruitment! Di rekrutmen, setiap hari aku ketemu CV & kandidat baru. Terus aku harus berhubungan sama user, kandidat, user lagi, balik lagi ke kandidat. It’s just so exciting! Sebaliknya, aku ga suka pekerjaan yg monoton, rutin, dan ga banyak gerak. Kaya pekerjaan administrasi. Aku bisa kerja admin dgn rapi & bagus, tapi bener2 ga menikmati. Rasanya ga sabaran, pengen buru2 selesai soalnya kalau kelamaan bikin bosan. Disini aku juga jadi sadar kalau aku bukan orang yg suka diatur cara kerjanya. Apa pun pekerjaannya, I’ll find the most efficient way to do it. Aku ga suka bertele2, makanya lebih suka cari cara sendiri yg lebih gampang dan hemat waktu untuk ngeberesin suatu kerjaan.

Semua informasi baru ini bener2 bermanfaat & ngebantu aku untuk nentuin mau kerja apa kedepannya. Selama ini cuma kepikirannya HRD aja, padahal HRD sendiri masih ada pembagiannya.

Jpeg

My desk


Itu dia pengalaman aku selama magang, banyak bgt suka duka dan pembelajarannya. Makanya sedih pas kemarin pamit ke orang2 disana, sayang banget juga ga sempet foto2 sama semuanya. Buat temen2 mahasiswa di luar sana, I highly recommend you take time to do some internship. Why? Pengalamannya itu, priceless. Emang sih ngabisin waktu, bikin ga fokus sama skripsi juga, tapi it’s all worth it buat aku. Saat magang, kesalahan kita masih ditoleransi. Saat kerja nanti? Belum tentu. Jadi disini waktu kita untuk belajar apa yg bener, apa yg boleh dilakukan, apa yg engga, supaya nanti pas kerja ngga malu2in lagi hahaha 😉 Magang juga bener2 ngebantu aku untuk bikin rencana kedepannya. Dari yg sebelumnya masih umum banget, sekarang udah mulai jelas dan lebih detail. Plus, dapat relasi baru yg pasti akan bermanfaat kedepannya. Pokoknya, it’s a wonderful experience worth having!

Advertisements

One thought on “Internship Experience

  1. Pingback: Sparkling Letters Monthly Recap: December 2016 + Highlights of the Year | Sparkling Letters

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s